AKU MEMANGGILNYA YOANA

1/
mata bulatnya menyirat duka yang tak pernah dia pamerkan kepada dunia, juga kepada aku atau kepada kekasihnya. perempuan itu bernama Yoana, rambutnya yang senja jatuh di belahan pinggir kepalanya.

2/
badannya yang kurus namun liat, juga bibirnya yang rekah bak bunga mawar merah, indah namun tak pernah mampu dimiliki. dia suka sekali berjalan ke arah utara, sambil memungut bahagia yang terjatuh dari kepalanya, dia berjalan dengan senyum dari bibir ranumnya.

3/
usianya kini mungkin sudah sama dengan aku, sebab lima tahun lalu aku menatapnya di balik jendela kelas. dia tersenyum tipis sambil menenteng gunting yang dipinjamnya dari salah satu kawanku.

4/
ketika dia berduka, dia akan mencari tempat sembunyi untuk menangis. mencari waktu yang tepat untuk mengungkapkannya kepada aku atau kepada kawan yang lainnya.

5/
hatinya tak pernah dusta. selalu jujur dan apa adanya.

6/
di dalam jantungnya, banyak sekali luka yang tak mampu di bahasa. riangnya Yoana tak pernah bisa seimbang dengan isi hatinya yang gamang.

7/
semisal aku memiliki banyak jam kembali, aku ingin berkenalan dengannya. lebih dekat dan mungkin lebih akrab. sebab, aku tak ingin kembali menyesal karena hanya mampu mengenang tanpa pernah memegang dan berjabat tangan.

8/
perempuan itu bernama Yoana, yang matanya indah dan alisnya teduh serupa daun kelapa yang jatuh. tua namun kokoh.

9/
mungkin seperti hatinya pula.

10/
kini, Yoana hanyalah kata-kata. yang akan terus aku ingat dalam setiap sekat. karenanya Yoana, aku tak lagi mampu menatapnya kini. sekat-sekat tak lagi tipis, tapi tebal. ukuran jarak perkilometer tak lagi mampu diputus dengan gawai pintar.

11/
maka doakulah yang setia, menjemputnya dari dalam sukma.

12/
Yoana, dia perempuan menawan yang dimatanya jatuh ribuan kenangan yang tak mampu terlupakan.

– perempuan aksara.

6 tanggapan untuk “AKU MEMANGGILNYA YOANA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s