MAS BARA BELUM PULANG

oktober jatuh di balik pagarpagar kemarau. panas di bumi juga panas di hati, mereka samasama butuh gigilnya dibasuh air hujan agar tak kepanasan. atau mungkin mereka samasama butuh pelukan agar semakin kepanasan?

birai langit senja menguning hari ini. terjebak di balik kusenkusen juga jendela yang sengaja dibuka lebarlebar agar angin kesepian dan kerinduan memasuki raga juga rasa dan ruang hampa.

“kabarmu bagaimana?” seorang perempuan berbicara dengan suara lembut, sambil menatap figura dengan penghuni seorang lelaki berwajah bundar. tawanya tetap ajeg, sedemikian rupa dengan dua gigi geligi besar yang ada dibarisan depan. perempuan itu lalu memeluk figura, sambil sesekali menyeka airmata yang kesepian.

“pulanglah!” umpatnya pelan.

rindu menjebak detaknya di ruang ini, mempertontonkan kronisnya rasa cinta yang semakin hari gigil dipeluk sepi. perempuan itu lalu bungkam, menangkup airmatanya yang jatuh tak karuan. rindu ini datang kembali menyapa ketika sepi bermuram durja, seperti menagih temu untuk rindu yang hampir sekarat di antara sekat.

sesekali isaknya terdengar, lalu berhenti. begitu terus hingga matanya hampir lebam.

“Put,” seru seorang lelaki dari luar. namun isak yang semakin sesak, menyumpal telinganya yang tak mendengar seruan itu. dan sekali lagi suara lelaki terdengar. namun perempuan tetap tak menjawab.

“Put, Mas Bara sudah pulang.” ketuk pintu dan suara itu akhirnya jelas terbaca oleh telinganya. senyum tipis dipamerkan. lalu perempuan itu menghapus sisa air mata dan berlari ke ambang pintu. tak sabar dia membuka dengan tergesa, namun.

benar …

Mas Bara sudah pulang, dengan besi selingkar yang menembus dadanya. dengan mata yang tak lagi mampu terbuka. dia tersenyum menerima kepulangannya hari ini, menyambut airmata yang sudah tak lagi mampu diingkari.

Mas Bara pulang hari ini, membawa rasa cinta yang agung di dalam hati.

Mas Bara belum pulang hari ini, sebab perempuan yang menangis itu mengisahkannya sekali lagi. hari ini.
[tabik]

– perempuan aksara.

6 tanggapan untuk “MAS BARA BELUM PULANG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s