LANSKAP LUKA PADA RANUM MATAMU

Aku mengingat dengan baik seorang anak kecil yang tertidur di kelopak matamu. Lelah dia berlari-lari usai hujan malam itu. Mencari dan mencuri tawa yang terserlip di antara duka juga air mata, demi sesuap bahagia yang selalu dia harap ada.

Dia meringkuk, sepertimu. Memeluk kelelahan yang hinggap di pundaknya, menyelimuti keresahan yang terus menerus membayanginya. Ketika gusar, dia akan kembali terjaga. Menghitung jumlah detik yang tak kunjung menjadi pagi.

Dari anak kecil itu, aku diberi tahu sesuatu. Terselip lara yang berkecamuk di dalam kepalamu, dari serangkaian peristiwa dan tawa palsu. Ada yang tak pernah kamu ceritakan kepadaku, ada yang tak pernah aku mengerti namun selalu kamu tutupi. Adalah kecewa. Dan dia akan terus menerus tumbuh subur di dalam rasamu.

Adakah yang perlu aku ingat kembali? Tentang sebuah pemberian yang dibalas kepalsuan atau tentang perasaan terpaksa demi menerima orang yang tak benar-benar kamu inginkan ada?

Sungkawamu menjemput air mata setiap malam. Membuat anak kecil itu kuyup dan kedinginan, pilu di ulu hatimu menyamai resah yang tak kunjung habis terkikis. Kamu bagaikan pemain sandiwara di atas panggung yang menertawai dan menangisi nasibmu sendiri. Tidakkah kamu lelah? Rupa dan raga yang kian lemah itu berilah sedikit napas.

Mungkin terlelaplah sekali lagi. Tanpa air mata juga tanpa rasa duka. Biarkan anak kecil itu tertawa, tanpa gigil dan tanpa rintih siksa perih. Aku ingin menyaksikan sekali lagi matari yang terbit pada matamu pagi ini.

– perempuan aksara.

9 tanggapan untuk “LANSKAP LUKA PADA RANUM MATAMU

      1. “Adakah yang perlu aku ingat kembali? Tentang sebuah pemberian yang dibalas kepalsuan atau tentang perasaan terpaksa demi menerima orang yang tak benar-benar kamu inginkan ada?”

        Suka

  1. “Adakah yang perlu aku ingat kembali? Tentang sebuah pemberian yang dibalas kepalsuan atau tentang perasaan terpaksa demi menerima orang yang tak benar-benar kamu inginkan ada?”

    Mungkin intinya ada di paragraf itu.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s